Mengintip Kegiatan Komunitas Bogor Kreatif Sulap Ranting Menjadi Barang Berkualitas

www.komunitasbogor.com
KOMUNITASBOGOR.COM - Berkaryalah selagi kita masih bisa berkarya. Begitulah kalimat yang menggambarkan komunitas Bogor Kreatif yang berada di Jalan Tentara Pelajar, No 4, Bogor. Digagas Nurdin atau akrab disapa Bim-bim.

Komunitas ini mengubah barang-barang bekas menjadi karya seni yang  bernilai tinggi dan banyak diminati. Berawal pada 1997, pria asli Bandung ini menyulap ranting menjadi bentuk unik dan kreatif, seperti kartu ucapan dan aksesor.

Pada tahun 2000  Bim-bim memutuskan hijrah ke Bogor dan mencoba menjajakan kerajinan daur ulang di kawasan Jembatan Merah. Sebelum hijrah ke Bogor, Bim-bim datang ke Jakarta. Sampai akhirnya turis Malaysia tertarik pada hasil karya kreatifnya.

Bogor Kreatif yang didirikan pada 2003 lalu bertujuan meningkatkan lapangan kerja (penampungan putus sekolah) yang dapat memacu peningkatan perekonomian daerah.Berbagai macam handycraft suvenir terus diproduksi dan dikembangkan dengan memanfaatkan limbah atau barang bekas, seperti kayu, kertas, ranting, biji-bijian dan serat.

Pesanan tak pernah sepi menghampiri, terutama kartu undangan dan pernak-pernik hiasan dinding. Selain itu, masih banyak hasil kerajinan daur ulang lain yang menghiasi galeri Bogor Kreatif, di antaranya tempat pensil, tatakan gelas, frame, kotak perhiasan, kotak kado, boneka batik, wayang-wayangan, lampu meja dan tas tangan.

Kualitas barang yang bagus dan bentuk yang unik kian menambah Bogor Kreatif semakin dikenal di masyarakat, khususnya Bogor. Berbagai kegiatan, seperti pameran, pun turut serta membesarkan nama Bogor Kreatif di luar Bogor bahkan sampai luar negeri.

“Kegiatan dari hobi ini mampu mendatangkan penghasilan lumayan setiap bulannya,” katanya.

Posted by Unknown on 17.29. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

0 komentar for "Mengintip Kegiatan Komunitas Bogor Kreatif Sulap Ranting Menjadi Barang Berkualitas"

Leave a reply