Ikan Gabus, Pemangsa Hama Koleksi di Kebun Raya Bogor

KOMUNITASBOGOR.COM - Kebun Raya Bogor memiliki kolam serta rawa-rawa air tawar yang airnya jernih dengan ukuran bervarias ada yang terletak diantara Kebun Raya dan Istana Bogor yang bernama kolam gunting karena bentuknya seperti gunting, kolam air mancur, kolam teratai Victoria serta pondok bakau yang merupakan tempat yang digenangi air seperti rawa-rawa dulu katanya pernah ditumbuhi pohon bakau.

Setiap kolam ditumbuhi tumbuhan air seperti ganggang, paku air, teratai dan dihuni beberapa jenis ikan antara lain : ikan lopis hitam (dulu pernah ada), braskap, ikan mas (tombro), ikan sapu-sapu, ikan mujair, sidat, belut, gurameh, lele, tawes, sepat, gabus. Ikan yang paling banyak populasinya adalah gabus, sidat, mujair dan sapu-sapu.

Ikan-ikan tersebut memiliki peran-peran penting, seperti ikan sapu-sapu pemakan lumut, mujair, braskap pemakan daun dan ganggang, gurame adalah ikan pemakan daun, lele, sidat merupakan ikan yang berperan sebagai pemangsa ikan lainnya dan gabus merupakan ikan yang berperan sebagai pemangsa yang paling ganas diantara pemangsa-pemangsa lainya.

Ikan gabus biasa hidup di danau, rawa, sungai, dan saluran-saluran air hingga kesawah-sawah. Ikan ini memangsa aneka ikan kecil-kecil, serangga, dan berbagai hewan air lain termasuk berudu dan kodok. Gabus menyergap mangsanya dengan cara berdiam diri disela-sela tanaman air seperti ganggang air(Hydrilla) sehingga calon mangsanya yang sedang asyik melahap lumut ataupun dedaunan mengira benda tersebut batu atau kayu atau mungkin dedaunan yang telah membusuk didasar air.

Keberadaan ikan gabus yang berhabitat dikolam Kebun Raya Bogor berperan sebagai pengendali hama secara hayati sangat menguntungkan menyelamatkan kelangsungan hidup beberapa spesies tanaman air yang dikoleksikan.

Namun hewan ini pun memiliki musuh alami yaitu manusia, kelangkaan ikan tersebut ditandai dengan adanya kerusakan beberapa jenis tumbuhan air yang berdaun lebar.

Posted by Unknown on 03.44. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

0 komentar for "Ikan Gabus, Pemangsa Hama Koleksi di Kebun Raya Bogor"

Leave a reply