Bunga bangkai Asal Jambi Kembali Mekar di Kebun Raya Bogor

KOMUNITASBOGOR - Amorphophallus titanum atau lebih dikenal dengan sebutan Bunga Bangkai mekar di Kebun Raya Bogor. Bunga Bangkai yang umbinya berasal dari Jambi dan ditanam sejak tahun 1992 untuk ke lima kalinya ini terlihat akan mekar sekitar pukul 15.00 WIB dan mekar sempurna terjadi pada pukul 20.00 WIB.

Dr. Dian Latifah S.P., M.App.Sc peneliti Kebun Raya Bogor mengungkapkan Bunga Bangkai ini telah diamati selama hampir satu bulan, terbukti dengan tindak budidaya atau pemeliharaan rutin dan intensif siklus hidup bunga bangkai dari bunga - daun รข€“ dorman diperpendek menjadi 2 tahun.
Namun Dian menyayangkan Bunga Bangkai ini hanya 90% mengalami bukaan mekar sempurna seperti saat mekar terakhir tahun 2012.

Sekitar pukul 22.15 WIB saat dilakukan pengukuran tinggi Bunga Bangkai mencapai 178 cm, diameter saat mekar 83 cm, keliling spatha mekarnya 258 cm, tinggi tangkai bunga 28 cm, panjang spatha 31 cm, tinggi Limb atau ujung kelopak yang seperti renda 48.3 cm serta lingkar dari batas antara limb dan spatha 93.5 cm
Keunikan bunga ini spadiknya berwarna semburat keunguan berbeda dengan bunga bangkai umumnya yang lebih kehijauan atau kekuning-kuningan.

Posted by Unknown on 03.38. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

0 komentar for "Bunga bangkai Asal Jambi Kembali Mekar di Kebun Raya Bogor"

Leave a reply